Comscore Tracker

02 Juli 2019

5 Fakta di Balik Raksasa Otomotif Honda, Berawal di Pabrik Sepeda

Dwi Agustiar

Automotive

5 Fakta di Balik Raksasa Otomotif Honda, Berawal di Pabrik Sepeda honda.com

Honda pernah mengalami krisis hingga nyaris bangkrut

Jakarta, IDN Times – Kalau ada pabrikan otomotif yang paling sukses, Honda mungkin salah satunya. Produsen otomotif asal Jepang ini bermula dari Soichiro Honda dan Takeo Fujisawa yang mendirikan Honda Motor Co., Ltd pada 1948.

Setahun kemudian, produk motor pertama mereka, yakni D-type motorcycle, diperkenalkan. Huruf D pada motor pertama Honda ini berarti 'Dream' atau mimpi. Sejak itu, mimpi Soichiro Honda dan Takeo Fujisawa terus bergulir hingga hari ini.

1. Honda sempat memproduksi sepeda

5 Fakta di Balik Raksasa Otomotif Honda, Berawal di Pabrik Sepedahonda.com

Sebelum menjadi produsen motor ternama, Honda sempat memproduksi sepeda yang ditenagai oleh mesin berkapasitas 50cc 2 tak pada 1953.

Baca Juga: Honda Segera Luncurkan GTR 150 Facelift, Ini Bocorannya

2. Membuka cabang pertama di luar negeri

5 Fakta di Balik Raksasa Otomotif Honda, Berawal di Pabrik Sepedahonda.com

Kesuksesan Honda seolah tak terbendung. Ini bisa dilihat dari keberhasilan mereka membuka cabang baru di luar negeri, yakni di Los Angeles, California, Amerika Serikat, pada 1959.

3. Honda kemudian memproduksi mobil

5 Fakta di Balik Raksasa Otomotif Honda, Berawal di Pabrik Sepedahonda.com

Sukses memproduksi sepeda motor, Honda kemudian merambah bidang baru, yakni mobil. 'Mainan' baru Honda ini mulai diproduksi pada 1963,

Mobil pertama yang diproduksi Honda berjenis pick up yang dinamai T360. Mobil ini menggendong mesin 365cc. Pada tahun yang sama Honda juga merilis mobil lainnya, yaitu mobil sport S500.

Setahun kemudian, persisnya pada 1964, Honda memproduksi mobil Formula 1 pertamanya, RA271 dan ikut dalam German Grand Prix.

4. Honda mulai menggeluti pasar mobil mewah

5 Fakta di Balik Raksasa Otomotif Honda, Berawal di Pabrik SepedaWall Street Journal

Pada tahun 1986, Honda mulai menggarap pasar mobil mewah dengan memperkenalkan merek Acura untuk pasar otomotif Amerika.

Beberapa tahun kemudian, persisnya pada 1990-1991, Honda NSX supercar pertama karya Honda dengan mid-engine 6 silinder atau V6 meluncur. Sampai saat ini mobil tersebut masih dikagumi pecinta otomotif.

5. Honda pernah mengalami krisis hingga nyaris bangkrut

5 Fakta di Balik Raksasa Otomotif Honda, Berawal di Pabrik SepedaLeftcom.org

Roda bisnis Honda tak selalu mulus. Mereka bahkan pernah mengalami krisis dan bahkan hampir bangkrut saat salah satu CEO mereka mengundurkan diri karena alasan kesehatan. Situasi semakin rumit saat salah satu pendiri Honda meninggal dunia. 

Media Jepang pada 1992-1993 mengabarkan Honda hampir diambil alih oleh pesaingnya, Mitsubishi Motors, yang pada saat itu menjadi produsen SUV terlaris seperti Pajero.

Namun pihak Honda segera bergerak cepat dengan memproduksi mobil bertipe minivan pada 1994, yaitu Honda Oddysey dan juga crossover SUV pada 1997, yaitu CRV gen 1.

Kedua mobil ini masih laris hingga saat ini dengan model terbarunya.

6. Honda menggeluti pesawat terbang

5 Fakta di Balik Raksasa Otomotif Honda, Berawal di Pabrik Sepedahonda.com

Honda membentuk anak perusahaan bernama Honda Aircraft Company pada 1995. Perusahaan baru ini khusus memproduksi pesawat terbang. Pada 2006, perusahaan ini resmi menjadi perusahaan yang berdiri sendiri meski masih membawa nama Honda.

Honda berhasil membuat pesawat jet pertama yang mendapatkan sertifikasi dari Federasi Administrasi Penerbangan Amerika Serikat pada 2015. Saat ini pesawat buatan Honda sudah dikirim ke beberapa pembeli.

Baca Juga: Honda Monkey Segera Dirilis, Ini 5 Kelebihannya