14 Juli 2019

Ini 8 Kelemahan Chevrolet Trax Premier

Dwi Agustiar

Automotive

Ini 8 Kelemahan Chevrolet Trax Premier Dok. IDN Times/Agung Fatma

Rem tangannya masih manual

Jakarta, IDN Times - Sejak diluncurkan pada Maret tahun lalu, Chevrolet Trax Premier langsung mencuri perhatian publik otomotif tanah air. Sebab desainnya keren dan fiturnya melimpah.

Selain itu harganya juga sangat kompetitif, membuatnya menjadi sangat value for money. Tak mengejutkan jika penjualan Trax lumayan moncer.

Pada 11 bulan pertama 2018 misalnya, Trax terjual hingga 1.232 unit. Angka ini jauh lebih tinggi dari rivalnya, yakni Mazda CX-3, yang pada periode yang sama terjual 674 unit.

Namun bukan berarti Trax Premier tanpa kekurangan. IDN Times sempat mencicipi mobil ini pada Rabu (10/7) dan menemukan beberapa poin yang terasa kurang dari mobil satu ini. Apa saja, ya?

1. Tidak ada armrest untuk pengemudi

Ini 8 Kelemahan Chevrolet Trax PremierDok. IDN Times/Agung Fatma

Secara fitur, mobil ini sebenarnya sudah cukup komplet. Hanya ada beberapa hal kecil namun mempengaruhi kenyamanan yang absen, seperti armrest untuk pengemudi.

Biasanya armrest ditempatkan di antara dua jok depan, sehingga pengemudi bisa menyandarkan lengan kirinya pada armrest tersebut. Namun pada Chevrolet Trax Premier, armrest tersebut diganti dengan tempat menaruh botol minuman.

Baca Juga: Mencicipi Chevrolet Trax Premier, Ini 6 Fitur yang Kami Suka!

2. Tuas rem tangan

Ini 8 Kelemahan Chevrolet Trax PremierDok. IDN Times/Agung Fatma

Mobil-mobil masa kini tak lagi menggunakan tuas rem tangan. Sebagai gantinya, mereka menyematkan tombol elektrik untuk mengaktifkan rem tangan.

Memang sih, keberadaan tuas rem tangan bisa mendongkrak sisi kemachoan mobil, namun menaik-turunkan tuas, bagi beberapa orang, cukup merepotkan.

Apalagi jika tuas rem tangan tersebut tidak terlalu ringan untuk ditarik. So, kehadiran tuas rem tangan konvensional pada Trax adalah minus dari mobil ini.

3. Tombol AC

Ini 8 Kelemahan Chevrolet Trax PremierDok. IDN Times/Agung Fatma

Secara keseluruhan, desain dashboard Trax Premier sudah sangat ciamik. Hanya saja ada satu hal yang sedikit mengganggu pemandangan, yakni keberadaan tombol AC.

Jika saja tombol tersebut diubah menjadi digital, pasti kesan modern pada mobil ini akan semakin memancar.

4. Jok belakang terlalu tegak

Ini 8 Kelemahan Chevrolet Trax PremierDok. IDN Times/Agung Fatma

Sebenarnya kabin Chevrolet Trax Premier ini cukup lega dan lapang. Namun ada keluhan dari penumpang belakang, yakni senderan joknya yang terlalu tegak.

Memang sih busa jok sudah cukup empuk, namun senderan yang kelewat tegak akan membuat posisi duduk di belakang jadi kurang nyaman, apalagi jika harus menempuh perjalanan jauh.

5. Rem berbunyi 'gleduk' di kecepatan rendah

Ini 8 Kelemahan Chevrolet Trax PremierDok. IDN Times/Agung Fatma

Saat mulai melaju atau pada kecepatan rendah, seringkali terdengar suara 'gleduk' saat pedal rem diinjak.

Namun suara tersebut sama sekali tidak mempengaruhi sistem pengereman. Hanya saja suara tersebut cukup menganggu. Untungnya suara 'gleduk' hilang jika mobil sudah melaju dengan kecepatan sedang atau tinggi.

6. Radius putar yang besar

Ini 8 Kelemahan Chevrolet Trax PremierDok. IDN Times/Agung Fatma

Radius putar mobil ini cukup besar, yakni 5.65m. Sehingga tidak terlalu mudah untuk diajak berputar balik. Kalau saja radius putarnya bisa dikecilkan sedikit, Trax pasti bakal lebih lincah dan lebih asik diajak blusukan ke jalan-jalan kecil.

7. Cukup banyak material plastik keras

Ini 8 Kelemahan Chevrolet Trax PremierDok. IDN Times/Agung Fatma

Meski beberapa bagian dashboard telah dibalut dengan bahan softtouch, namun bagian-bagian lain pada interior mobil ini masih berbahan plastik keras.

Pada doortrim pintu belakang misalnya, hampir semuanya bermaterialkan plastik keras. Untung saja doortrim tersebut dikelir dengan warna hitam, sehingga kesan plastik jadi sedikit tertutup aura sporty.

8. Cara mengganti gigi secara manual yang kurang sip

Ini 8 Kelemahan Chevrolet Trax PremierDok. IDN Times/Agung Fatma

Selain dibekali transmisi otomatis 6 percepatan yang smart dan responsif banget, Chevrolet Trax Premier juga memiliki mode perpindahan secara manual. 

Sayangnya, untuk berpindah gigi secara manual, pengemudi harus menekan tombol '+' dan '-' yang posisinya ada di samping tuas transmisi.

Padahal, akan lebih menyenangkan kalau perpindahan gigi secara manual dilakukan melalui paddle shift di belakang lingkar kemudi.

Baca Juga: Menjajal Chevrolet Trax Premier, Compact SUV yang Pas Buat Millennials