21 Juli 2019

GIIAS 2019: DFSK Mulai Dilirik Konsumen Indonesia

Ilyas Listianto Mujib

Automotive

GIIAS 2019: DFSK Mulai Dilirik Konsumen Indonesia IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Harga DFSK dinilai terjangkau oleh pengunjung

Jakarta, IDN Times - Menjadi pendatang baru dan berasal dari China tentu menjadi tantangan tersendiri bagi mobil Dongfeng Sokon atau DFSK. Apalagi, mereka dikepung mobil-mobil dari pabrikan Jepang macam Toyota, Honda, Mitsubishi, serta mobil lain dari Eropa yang telah lama eksis di tanah air.

Namun demikian, hal itu nampaknya mulai perlahan bisa diatasi. Walau belum jadi yang paling atas, DFSK mulai banyak dilirik konsumen Tanah Air yang tertarik untuk memiliki mobil-mobil Sport utility vehicle (SUV) yang jadi andalan DFSK.

1. Mobil DFSK dianggap tak kalah bagus dari mobil-mobil Jepang

GIIAS 2019: DFSK Mulai Dilirik Konsumen IndonesiaIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Salah satu pengunjung stan DFSK, Rahmat (48), mengungkapkan dirinya sangat tertarik dengan SUV DFSK Glory 580. Menurut dia, SUV tersebut terlihat cukup premium, namun harganya masih terjangkau.  

"DFSK 580 ini bagus, saya lihat fitur-fiturnya ini sudah sama dengan mobil-mobil Jepang yang harganya hampir dua kali lipat dari ini (DFSK). Saya ini mau test drive, kebetulan saya sedang mencari mobil juga," kata Rahmat kepada IDN Times, Minggu (21/7).

Baca Juga: GIIAS 2019: DFSK Tawarkan Program DP 0 Hingga Bunga 0 Persen

2. Rahmat ingin memastikan kesiapan sarana purna jual

GIIAS 2019: DFSK Mulai Dilirik Konsumen IndonesiaIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Namun, sebelum yakin 100 persen untuk membeli mobil tersebut, Rahmat ingin memastikan kesiapan pelayanan purna jual dari kendaraan DFSK. Maklum, dirinya berasal dari Bukit Tinggi, Sumatera Utara, takutnya, bengkel resmi dan ketersediaan suku cadang menjadi kesulitan baginya setelah memiliki DFSK 580.

Hal itu pun digaransi oleh produsen DFSK di Indonesia, yakni PT Sokonindo Automobile. Menurut Sugihartono, Product technology of Training Team PT. Sokonindo Automobile, pihaknya memastikan seluruh dealer DFSK sudah menyediakan suku cadang yang bersifat fast moving seperti kampas rem, busi, oli, dan beberapa suku cadang lainnya.

Begitu pun untuk suku cadang bersifat slow moving, lanjut Sugiharto, komponen seperti internal mesin dan transmisi, body panel dan kaca juga tersedia di gudang dealer.

3. Stan DFSK sangat ramai dikunjungi calon konsumen

GIIAS 2019: DFSK Mulai Dilirik Konsumen IndonesiaIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Berdasarkan pantauan dari IDN Times, stan DFSK memang begitu ramai didatangi oleh pengunjung GIIAS. Hingga Minggu, pukul 17.00 WIB, sekitar ratusan calon konsumen yang sekadar melihat-lihat atau mencoba menaiki mobil DFSK 360, 380, dll. pun sedang dilayani dengan baik oleh para sales.

Pihak DFSK cukup senang dengan antusiasme masyarakat yang ingin memiliki salah satu mobil DFSK. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya pengunjung yang mengurus Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) sejak ajang GIIAS ini dilangsungkan pada Kamis (18/7) lalu.

Hal itu menunjukkan jika mobil-mobil asal pabrikan China sudah mulai diterima di hati masyarakat Indonesia.

4. GIIAS akan digelar hingga 28 Juli mendatang

GIIAS 2019: DFSK Mulai Dilirik Konsumen IndonesiaIDN Times/Dwi Agustiar

Sebelumnya, acara besutan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) resmi dibuka pada Kamis (18/7) di ICE BSD, Tangerang. Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun ini direncanakan akan berlangsung hingga 28 Juli mendatang.

Mengangkat tema Future in Motion yang merepresentasikan transformasi yang terus berlangsung di industri otomotif global. Pameran otomotif terbesar se-Indonesia ini menampilkan mobil dari 25 pabrikan yang juga berpartisipasi di ajang GIIAS 2019 ini, baik dari mobil penumpang dan mobil niaga. Selain itu, ada juga beberapa pabrikan motor, dan stan pendukung yang ikut berpartisipasi dalam ajang kali ini.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Bakal Rugi Kalau Gak Datang ke GIIAS 2019