28 Juli 2019

Jadi Mobil Special Exhibit Passenger Car, Ini Keunggulan Honda NSX

Ilyas Listianto Mujib

Automotive

Jadi Mobil Special Exhibit Passenger Car, Ini Keunggulan Honda NSX IDN Times/Yohanes Nugroho

Di Amerika Serikat, Honda NSX dibanderol Rp2,3 miliar

Jakarta, IDN Times - Supercar besutan Honda Prospect Motor (HPM), yakni Honda NSX, mendapatkan penghargaan Special Exhibit Passenger Car dalam ajang pameran otomotif GAIKINDO Internasional Indonesia Motor Show (GIIAS) 2019 yang dihelat di ICE BSD, Serpong, Tangerang pada 18-28 Juli.

Mobil spesial display ini resmi didapuk mendapatkan penghargaan sehari sebelum gelaran ini ditutup, atau tepatnya saat kegiatan Exhibitors Night di Nusantara Hall, Sabtu (27/7) malam. Penghargaan tersebut didapatkan berdasarkan pilihan dari para pengunjung di GIIAS edisi kali ini.

1. Tampil dengan warna baru, Honda NSX tetap mempertahankan ciri khasnya

Jadi Mobil Special Exhibit Passenger Car, Ini Keunggulan Honda NSXIDN Times/Yohanes Nugroho

Wajar jika Honda NSX mendapatkan banyak respons positif dari pengunjung. Maklum, mobil ini adalah penyempurnaan dari model sebelumnya. Walau tak memiliki perbedaan signifikan, bentuk mobil yang futuristik dan memiliki warna sangat elegan membuat NSX anyar ini diganderungi pencinta otomotif tanah air.

Mobil yang pertama kali muncul di Monterey Car Week, California, Amerika Serikat ini tampil dengan warna baru, yakni thermal orange pearl. Namun, tetap tak meninggalkan ciri khas NSX dalam tiga dekade terakhir dengan beberapa sejarah yang melekat.

Sementara, ada juga beberapa detail warna yang mengalami perubahan dibandingkan generasi sebelumnya, seperti pada high-gloss treatments yang menyelimuti seluruh bumper mobil dan front grille yang menjadi garnish.

Baca Juga: GIIAS 2019: Modifikasi Tiga Mobil Suzuki Ini Bikin Pangling

2. Proses pengembangan desain Honda NSX dilakukan di Amerika Serikat

Jadi Mobil Special Exhibit Passenger Car, Ini Keunggulan Honda NSXIDN Times/Yohanes Nugroho

Proses dan riset pengembangan Honda NSX ini memang cukup matang karena memakan waktu selama empat tahun dengan pengujian di sirkuit maupun jalan raya. Desain mobil ini dikembangkan di Acura Design Studio di Los Angeles, Amerika Serikat, setelah pertama kali dibuat di Wako Jepang.

Sementara, untuk pengembangan unit Honda NSX sendiri dilakukan di Tochigi. Mereka mencoba menggunakan teknologi Sport Hybrid yang tidak hanya sejalan dengan tren untuk mobil-mobil yang lebih efisien dan ramah lingkungan, namun juga mempertahankan karakter khas Honda yang sporty.

3. Mobil Honda NSX dibekali DOHC Sport Hybrid SH-AWD Power

Jadi Mobil Special Exhibit Passenger Car, Ini Keunggulan Honda NSXIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Dapur pacu yang ditanamkan di Honda NSX ini dilengkapi mesin 3.500 cc DOHC Sport Hybrid SH-AWD Power Unit yang didukung tiga motor Sport Hybrid bermesin Twin-Turbocharged DOHC V6. Mobil ini diklaim bisa menghadirkan akselerasi linier dan kuat karena tersimpan motor penggerak bertenaga listrik yang dikombinasikan mesin transmisi 9-DCT.

Torsi maksimal yang dihasilkan dari mesin Honda NSX ini mencapai 550 nm atau 573 hp. Bahkan menurut empunya mobil, NSX hanya butuh 2,7 detik saja untuk bisa mencapai kecepatan 100 km per jam. 

4. Di Amerika Serikat, Honda NSX sudah bisa dibawa pulang dengan harga Rp2,3 miliar

Jadi Mobil Special Exhibit Passenger Car, Ini Keunggulan Honda NSXIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Dengan segudang peningkatan yang ditawarkan, harga yang ditawarkan pun tak main-main. Bagi siapa pun yang ingin membawa pulang Honda NSX 2019 (di Amerika) dibanderol dengan harga sekitar Rp2,3 miliar.

Sebelumnya, cara besutan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) ini telah berlangsung selama 10 hari setelah resmi dibuka pada Kamis (18/7) lalu. Pameran yang mengangkat tema Future in Motion kali ini merepresentasikan transformasi yang terus berlangsung di industri otomotif global.

Tahun ini, GIIAS didukung oleh pelbagai macam merek kendaraan anggota GAIKINDO, termasuk didalamnya 20 merek kendaraan pernumpang, yakni, Audi, BMW, Mercedes Benz, Honda, Wuling dll. Tak hanya itu, ada juga beberapa merek kendaraan komersial macam, FUSO, UD Truck, Hino, Isuzu, Laksana dsb.

Baca Juga: Honda HR-V SE Dibanderol Rp344 Juga, Dilengkapi Aksesoris Mugen