Comscore Tracker

16 Agustus 2018

GIIAS 2018: Perang Mobil Keluarga, Penjualan Xpander Masih Juara

Lucia Vania

Automotive

GIIAS 2018: Perang Mobil Keluarga, Penjualan Xpander Masih Juara Google

Wuling Confero ada di peringkat 4

Jakarta, IDN Times - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 sudah berakhir sejak Minggu, (12/8). Kini waktunya mengintip penjualan mobil, khususnya mobil-mobil di segmen low multi purpose vehicle (LMPV).

Kenapa mobil LMPV? Karena ini adalah mobil sejuta umat. Kabin yang bisa mengangkut 7 penumpang dan harga terjangkau menjadikan LMPV menjadi mobil paling diminati, setidaknya di Indonesia. Lalu siapa yang paling laris sepanjang 12 hari gelaran GIIAS 2018?

1. Mitsubishi Xpander terlaris

GIIAS 2018: Perang Mobil Keluarga, Penjualan Xpander Masih Juaramitsubishixpander.com

Mitsubishi Xpander menjadi mobil MPV terlaris selama GIIAS 2018. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales selaku pemegang merek Indonesia mencatatkan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) untuk Xpander sebanyak 2.689 unit.

Moncernya penjualan Xpander ini tak terlalu mengejutkan. Sebab sejak diluncurkan tahun lalu, Xpander memang sudah menjadi primadona. Bahkan Xpander sempat mengalahkan penjualan duo Avanza dan Xenia, lho!

Baca Juga: GIIAS 2018: Baru Setahun Dirilis, Mitsubishi Rilis Xpander Terbaru

2. Toyota Avanza jadi runner up

GIIAS 2018: Perang Mobil Keluarga, Penjualan Xpander Masih JuaraDok. IDN Times

Posisi kedua LMPV terlaris diisi oleh Toyota Avanza dengan SPK sebanyak 1.105 unit. Angka ini bahkan kurang dari setengah penjualan Mitsubishi Xpander. Padahal harga Avanza lebih murah dari Xpander. Namun sepertinya desain agresif yang ditawarkan Xpander memang lebih menggoda, ya.

3. Suzuki All New Ertiga

GIIAS 2018: Perang Mobil Keluarga, Penjualan Xpander Masih JuaraRudy Bastam/IDN Times

Tempat ketiga LMPV terlaris di GIIAS 2018 ditempati oleh Suzuki All New Ertiga dengan penjualan sebanyak 659 unit. Dijual dengan rentang harga Rp 193 - 239 juta, Suzuki All New Ertiga sejatinya menawarkan banya kelebihan dibandingkan rival-rivalnya.

4. Wuling Confero S

GIIAS 2018: Perang Mobil Keluarga, Penjualan Xpander Masih JuaraIDN Times/Kevin Handoko

Wuling adalah pendatang baru dalam industri otomotif tanah air. Mereka baru masuk ke sini tahun lalu. Meski begitu, sepak terjang pabrikan asal China ini cukup mencengangkan. Bayangkan saja, dalam satu tahun, mereka merilis dua mobil, yakni Confero S dan Cortez.

Untuk pendatang baru, penjualan kedua mobil ini juga lumayan. Confero S, misalnya, terjual hingga 381 unit selama GIIAS 2018. Dibandrol Rp 135 - 165 juta, Wuling Confero S akan menjadi ancaman serius buat LMVP-LMPV lain.

5. Daihatsu Xenia jadi juru kunci

GIIAS 2018: Perang Mobil Keluarga, Penjualan Xpander Masih Juaratrapo.asia

Berbeda dengan Toyota Avanza yang masih terjual di atas seribu unit, saudara kembarnya yakni Daihatsu Xenia hanya laku 93 unit di ajang GIIAS 2018. Kok bisa, ya? Padahal, bersama Avanza, Xenia pernah jadi mobil sejuta umat, lho!

Baca Juga: GIIAS 2018: Jimny Jadi Mobil Konsep Idaman, Mengalahkan BMW i8!