15 Juli 2019

Formula E Bakal Digelar di Jakarta, Ini 4 Fakta yang Perlu Kamu Tahu

Yohanes Nugroho

Automotive

Formula E Bakal Digelar di Jakarta, Ini 4 Fakta yang Perlu Kamu Tahu medium.com

Akan digelar pertengahan 2020

Jakarta, IDN Times – Jakarta akan menjadi tuan rumah balapan Formula E pada pertengahan 2020. Kabar ini tentu saja sangat menggembirakan. Sebab Formula E adalah ajang balapan paling bergengsi setelah Formula 1.

Kabar balapan Formula E akan digelar di Jakarta pada pertengahan 2020 disampaikan Gubernur Jakarta Anies Baswedan melalui akun Instagramnya pada Minggu (14/7). Sehingga seharusnya kabar ini shahih. 

Oya, jika Formula 1 menggunakan bahan bakar konvensional, maka Formula E disupport mesin bertenaga listrik. Sehingga secara teknologi, seharusnya Formula E selangkah lebih maju.

Formula E yang digagas oleh Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) pada tahun 2012 pertama kali digelar di Beijing pada September 2014. Berikut adalah fakta-fakta tentang Formula E ini.

1. Sirkuit Formula E di jalan raya

Formula E Bakal Digelar di Jakarta, Ini 4 Fakta yang Perlu Kamu Tahumedium.com

Untuk balap Formula E ini biasanya tidak diadakan di sirkuit-sirkuit resmi yang ada pada tiap negara yang dikunjungi, melainkan di jalan raya yang dijadikan sebagai sirkuit. Nah, jadi penasaran kan bagaimana jadinya nanti kalau Jakarta diubah jadi sirkuit.

Baca Juga: Anies Baswedan: Jakarta Jadi Tuan Rumah Balap Mobil Formula E 2020!

2. Balapan hanya berlangsung 45 menit

Formula E Bakal Digelar di Jakarta, Ini 4 Fakta yang Perlu Kamu Tahutheverge.com

Balapan Formula E ini hanya berlangsung selama 45 menit, terbagi dalam 45 menit untuk keseluruhan putaran resmi dan biasanya ada tambahan satu putaran lagi. 

Nah, berbeda lagi kalau ditambah dengan sesi latihan. Kalau sesi latihan Formula E ini berlangsung sekitar 75 menit. Ya kira-kira waktu balapan sekaligus latihan memiliki total waktu untuk Formula ini adalah 120 menit.

3. Tidak diperbolehkan mengganti ban

Formula E Bakal Digelar di Jakarta, Ini 4 Fakta yang Perlu Kamu TahuYoutube.com/ABB Formula E

Berbeda sekali dengan ajang balap pada umumnya yang diperbolehkan mengganti ban. Dalam Formula E tidak diizinkan mengganti ban kecuali bila ban terkena paku atau robek.

Peraturan ini dibuat dengan alasan karena jenis ban yang digunakan adalah jenis yang biasa digunakan pada mobil secara umum, yakni ban berulir untuk semua musim.

4. Ada 11 team akan berkompetisi, kamu bisa dukung dengan “Fanboost”

Formula E Bakal Digelar di Jakarta, Ini 4 Fakta yang Perlu Kamu Tahumedium.com

Ada 11 tim dengan 22 pembalap yang akan berkompetisi untuk mencapai gelar juara dalam ajang Formula E ini.

Sebagai penonton, kamu bisa ikut mendukung dan menambahkan tenaga pada mobil jagoanmu dengan “Fanboost”. Voting ini dapat diaktifkan melalui media sosial, dan biasanya diadakan enam hari sebelum balapan dimulai dan ditutup 15 menit setelah pembukaan.

5 pembalap dengan voting tertinggi akan mendapatkan tenaga ekstra pada mobilnya yang akan diaktifkan oleh panitia pada paruh kedua balapan.

Baca Juga: Ini Daftar Pembalap & Tim F1 di Formula 1 Musim 2019