Comscore Tracker

20 Juli 2019

Ini 5 Tanda Mobilmu Sudah Harus Spooring dan Balancing

Yohanes Nugroho

Automotive

Ini 5 Tanda Mobilmu Sudah Harus Spooring dan Balancing hsrwheel.com

Agar mobil tetap nyaman dikendarai

Jakarta, IDN Times – Kemulusan laju mobil tak lepas dari pengaruh kaki-kaki. Sebagai pemilik kendaraan, sudah sewajarnya bila kamu melakukan perawatan pada bagian kaki ini.

Perawatan untuk kaki-kaki mobil tak melulu harus berkaitan dengan bagian suspensi, namun juga bisa kamu mulai dari roda. Tentunya kamu semua tau istilah spooring dan balancing, kan?

Spooring sendiri adalah proses untuk meluruskan posisi atau kedudukan dari keempat ban mobil agar sesuai dengan setingan awal pabrik. Sedangkan balancing, sesuai namanya adalah proses untuk menjaga keseimbangan pada titik atas, bawah, kiri, dan kanan pada roda, dan biasanya ditambahkan timah di bagian yang kurang keseimbangannya.

Berikut ini adalah hal-hal dasar yang perlu diketahui kalau kendaraanmu sudah butuh untuk spooring dan balancing.

1. Setir terasa berat

Ini 5 Tanda Mobilmu Sudah Harus Spooring dan BalancingIDN Times/Dwi Agustiar

Mobil yang membutuhkan spooring dan balancing biasanya memiliki kemudi yang berat, sulit untuk dibelokkan ke kiri dan ke kanan, akan terlihat masih agak lurus meskipun sudah sekuat tenaga dibelokkan.

Selain itu, biasanya sesaat setelah berbelok setir tidak kembali ke keadaan semula (lurus) dan harus diluruskan secara manual. Berbeda dengan kondisi normal yang akan kembali ke posisi semula

Baca Juga: 5 Perbedaan Mobil BBM Vs Mobil Listrik, Tentukan Pilihanmu

2. Arah roda tidak sesuai posisi setir

Ini 5 Tanda Mobilmu Sudah Harus Spooring dan BalancingIDN Times/IDN Times

Tanda kedua yang paling mudah kamu sadari ketika mobil sudah membutuhkan spooring/balancing adalah pergerakan mobil yang cenderung menuju ke arah kiri atau kanan meskipun setir sedang kamu pegangi dan dalam posisi lurus.

Kondisi setir yang seperti ini juga bisa diamati saat mobil sedang parkir. Dapat dilihat apakah kondisi roda agak berbelok meski setir sudah lurus.

3. Setir akan berbelok dengan sendirinya

Ini 5 Tanda Mobilmu Sudah Harus Spooring dan BalancingIDN Times/Dwi Agustiar

Untuk mengetahui apakah setir akan berbelok dengan sendirinya, cara yang dilakukan agak berbahaya dan sebaiknya dilakukan di jalanan yang sepi dan agak rata. Yang harus dilakukan hanyalah berjalan dalam keadaan lurus, kemudian melepas kemudi.

Apabila dalam waktu yang cepat setir berbelok ke satu arah baik kanan maupun kiri, maka ada kemungkinan mobil kamu perlu untuk spooring/balancing.

4. Ulir roda habis dalam waktu yang tidak sama

Ini 5 Tanda Mobilmu Sudah Harus Spooring dan Balancinghsrwheel.com

Mobil yang sering digunakan untuk perjalanan jauh dan juga terkena lubang akan mengalami perubahan posisi pada ban. Kondisi yang tidak stabil ini menyababkan ban mobil akan habis dalam waktu yang berbeda.

Kamu bisa perhatikan kondisi ulir pada roda. Apabila ulir yang cepat habis hanya di satu sisi, baik roda sebelah kiri atau kanan, maka dapat dipastikan mobil kamu butuh spooring/balancing.

Baca Juga: Sedan-sedan Mewah yang Kini Harganya Kurang dari Rp100 Juta