Comscore Tracker

18 Juli 2019

Nissan Bawa Mobil Hatchback Listrik ke GIIAS 2019, Ini Spesifikasinya

Yohanes Nugroho

Automotive

Nissan Bawa Mobil Hatchback Listrik ke GIIAS 2019, Ini Spesifikasinya nissanusa.com

Seperti apa spesifikasinya, ya?

Jakarta, IDN Times – Pabrikan mobil asal Jepang, Nissan, punya banyak peluru untuk bertarung di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang akan digelar di ICE BSD, Tangerang, pada 18-28 Juli 2019. Salah satunya adalah Nissan Leaf.

Mobil ini merupakan mobil listirk bertipe hatchback 5 pintu dan generasi pertama mobil ini sudah diperkenalkan dan diproduksi di Amerika dan Jepang pada 2010. Selama masa produksi, Nissan Leaf memiliki dua versi baterai, tapi untuk yang di Indonesia sendiri belum tahu versi mana yang akan hadir.

1. Tenaga lumayan menjambak

Nissan Bawa Mobil Hatchback Listrik ke GIIAS 2019, Ini Spesifikasinyanissanusa.com

Meskipun Nissan Leaf adalah mobil listrik, tapi tenaga yang dihasilkan oleh mobil ini mampu melebihi mobil-mobil bensin pada umumnya, loh.

Untuk versi standar, Nissan Leaf memikul mesin listrik berdaya baterai 40kWh. Sedangkan versi yang lebih advanced mobil ini memikul mesin berdaya 62 kWh. Dengan baterai tersebut, mobil ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 147 horsepower.

Mesin Nissan Leaf ini juga sangat tenang, jadi, bisa terbayang kan gimana ngebutnya mobil ini dan tanpa suara layaknya angin?

Baca Juga: Tak Hanya Mobil, Beberapa Motor Ini Juga Akan Mejeng di GIIAS 2019

2. Gas dan rem hanya dengan satu pedal

Nissan Bawa Mobil Hatchback Listrik ke GIIAS 2019, Ini Spesifikasinyacnet.com

Nissan membekali mobil listriknya ini dengan teknologi E Pedal yang memungkinkan pengemudi untuk berakselerasi dan mengerem dengan hanya satu pedal.

Untuk penggunaannya, kamu hanya perlu menekan pedalnya untuk berakselerasi dan kemudian melepas pedal saat ingin mengurangi kecepatan, kemudian mobil akan mengerem secara otomatis sesuai kecepatan yang terdeteksi.

Meski akselerasi dan rem dapat menggunakan satu pedal saja, namun tentu masih ada satu pedal rem layaknya mobil biasa yang dapat digunakan bila diperlukan.

3. Mengemudi jadi lebih santai dengan ProPILOT Assist

Nissan Bawa Mobil Hatchback Listrik ke GIIAS 2019, Ini Spesifikasinyanissanusa.com

Fitur ProPILOT Assist memungkinkan pengemudi untuk dapat beristirahat sejenak meski mobil dalam kedaan bergerak. Maksudnya adalah bahwa teknologi ini mampu untuk mengendalikan mobil sepenuhnya hanya dengan satu tombol aktivasi, kemudian akan berakselerasi, berbelok, ataupun mengerem sesuai kondisi lalu lintas.

4. Fitur keamanan terbaru

Nissan Bawa Mobil Hatchback Listrik ke GIIAS 2019, Ini Spesifikasinyanissanusa.com

Fitur keamanan pada Nissan Leaf ini kurang lebih sama dengan Nissan Kicks yang akan datang di Indonesia pada pertengahan Juli 2019, yakni Automatic Emergency Braking yang membantu mengerem secara otomatis apabila terdeteksi bahaya, Blind Spot Warning yang membantu memberitahukan posisi kendaraan lain yang tak terjangkau oleh pandsngan pengemudi, Rear Cross Traffic Alert yang akan membantu mengawasi keadaan di belakang mobil saat mundur, dan Intelligent Around View yang memanfaatkan sistem kamera bird’s eye view sehingga mampu untuk mengawasi keadaan di sekeliling mobil.

5. Sekali charge, bisa pergi jauh

Nissan Bawa Mobil Hatchback Listrik ke GIIAS 2019, Ini Spesifikasinyanissanusa.com

Seperti yang sudah sedikit dibahas di atas Nissan Leaf ini tersedia dalam dua versi baterai. Untuk versi baterai yang lebih advanced terdapat fitur fast charging untuk pengisian daya baterai mobil. Baterai mampu bertahan untuk berkendara sepanjang 360-an kilometer atau 226 mil.

Versi baterai standar juga terdapat fitur fast charging, akan tetapi hanya bertahan untuk dikendarai sepanjang 150 mil atau 241 kilometer.

Baca Juga: 5 Perbedaan Mobil BBM Vs Mobil Listrik, Tentukan Pilihanmu