Comscore Tracker

08 Juli 2019

Sempat Mati Suri 17 Tahun, Toyota Supra Bakal Hadir di GIIAS 2019

Yohanes Nugroho

Automotive

Sempat Mati Suri 17 Tahun, Toyota Supra Bakal Hadir di GIIAS 2019 toyota-europe.com

Mobil ini hasil kerja bareng Toyota dan BMW

Jakarta, IDN Times – Pabrikan otomotif asal Jepang, Toyota, memproduksi banyak mobil sports. Salah satu yang paling menyita perhatian adalah Toyota Supra MK IV.

Mobil ini pernah muncul di serial pertama film The Fast and The Furious. Selain tenaganya super buas, desain mobil satu ini juga everlasting banget. Gak heran kalau mobil ini kemudian dikoleksi banyak pencinta otomotif.

Namun sayang, produksi Toyota Supra dihentikan pada 1998 di Amerika karena anjloknya penjualan mobil sport di sana. Sementara di Jepang, produksi Toyota Supra baru disetop pada 2002.

Namun, setelah disuntik mati selama 17 tahun, Toyota kini membangkitkan lagi Supra. Kini mobil tersebut dinamai Toyota GR Supra atau Supra 2020. Asiknya lagi, mobil legendaris ini akan hadir di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang akan digelar di ICE BSD Tangerang pada 18-28 Juli mendatang.

Nah, berikut 4 hal tentang Toyota Supra yang perlu kamu ketahui.

1. “GR” pada Toyota GR Supra bukan sekadar nama

Sempat Mati Suri 17 Tahun, Toyota Supra Bakal Hadir di GIIAS 2019toyota-europe.com

GR pada Toyota GR Supra adalah kependekan dari “Gazoo Racing”. Gazoo Racing merupakan tim rally dunia asal Finlandia yang menjadi pabrik resmi milik Toyota.

Intinya, Toyota Supra yang baru ini merupakan mobil yang siap diajak melahap jalan raya maupun trek balap. Mau santai ayo, kebut-kebutan juga boleh.

Baca Juga: Toyota C-HR Hybrid, Mobil Hybrid Termurah di Tanah Air

2. Dibekali mesin dengan spesifikasi super gahar

Sempat Mati Suri 17 Tahun, Toyota Supra Bakal Hadir di GIIAS 2019whichcar.com.au

Toyota GR Supra menggendong mesin berbasis BMW berkapasitas 3000cc 6 silinder, transmisi automatic 8 percepatan dengan dorongan twin turbo yang akan membuat mobil ini berakselerasi dari 0 – 100 km/jam selama 4,3 detik. Sementara top speednya mencapai 250 km/jam.

Loh kok ada BMW saat lagi membahas Toyota? Jangan kaget ya, karena memang Toyota bekerja sama dengan pabrikan asal Jerman tersebut. Bahkan bodinya pun berbasis BMW Z4.

3. Jok mewah sensasi balap

Sempat Mati Suri 17 Tahun, Toyota Supra Bakal Hadir di GIIAS 2019toyota-europe.com

Diciptakan oleh Toyota Gazoo Racing selaku tim balap rally dunia, jok Toyota Supra pun didesain menyerupai bucket seat atau yang dikenal sebagai kursi balap.

Meski begitu, karena ini juga mobil yang akan digunakan di jalan raya, maka jok juga di desain mewah, dilapisi bahan kulit merek Alcantara, penghangat tubuh, dan juga lumbar support (pengaturan posisi punggung) elektrik sehingga pengemudi tidak merasa pegal selama perjalanan.

4. Suara knalpot bisa gahar dan kalem dengan sistem active sound design

Sempat Mati Suri 17 Tahun, Toyota Supra Bakal Hadir di GIIAS 2019toyota-europe.com

Kalau mobil lain harus modifikasi dulu untuk mendapatkan fitur ini pada knalpotnya, maka tidak begitu untuk Toyota GR Supra. Knalpot Supra ini memiliki sistem otomatis yang dapat dikendalikan sesuka hati oleh pemiliknya.

Hanya perlu pindah ke mode sport, maka pengemudi bisa mendapatkan suara yang gahar dan sensasi ledakan atau crackle layaknya mobil balap. Bila mau suara tetap tenang, kembali pindah ke mode Normal.

Baca Juga: Toyota Rilis All New Altis Agustus Tahun Ini