Comscore Tracker

08 Juli 2019

Suzuki Jimny di Italia Lebih Garang, Apa Saja Perbedaannya?

Yohanes Nugroho

Automotive

Suzuki Jimny di Italia Lebih Garang, Apa Saja Perbedaannya? fineauto.com

Banyak ubahan pada sektor kaki-kaki

Jakarta, IDN Times – New Suzuki Jimny memang jadi perbicaraan hangat di kalangan pecinta otomotif pada tahun 2019 ini, tak hanya di Indonesia namun juga di berbagai belahan dunia.

New Suzuki Jimny yang sudah rilis di berbagai negara dinamai dengan Suzuki Jimny Sierra. Namun Suzuki memberi nama berbeda pada Jimny yang dirilis di Itali, yakni Suzuki Jimny Gan.

Tak hanya namanya saja yang berbeda, tetapi ada yang unik karena terdapat juga perbedaan pada beberapa bagian mobil New Suzuki Jimny ini. Suzuki Jimny Gan digadang-gadang adalah versi yang lebih garang dan lebih off-road.

Apa saja ya perbedaan Suzuki Jimny Sierra dengan Suzuki Jimny Gan?

1. Hanya tersedia satu warna untuk Jimny Gan

Suzuki Jimny di Italia Lebih Garang, Apa Saja Perbedaannya?fineauto.com

Warna standar yang diberikan oleh Suzuki kepada Suzuki Jimny Sierra ada 2 tipe, yaitu two tone dan single tone.

Untuk two tone, tersedia warna kinetic yellow, brisk blue metallic, chivon ivory metallic. Sedangkan single tone, tersedia jungle green, bluish black pearl 3, medium grey, silky silver metallic, dan superior white.

Nah, untuk Suzuki Jimny Gan warna yang disediakan hanya satu tetapi sangat spesial, yakni warna two-tone hitam dipadu dengan abu-abu, dan terdapat livery bertuliskan “Gan” dalam huruf Kanji Jepang.

Baca Juga: Siap Menghebohkan GIIAS 2019, Ini 3 Fitur Andalan Suzuki Jimny Terbaru

2. Suspensi lebih tinggi

Suzuki Jimny di Italia Lebih Garang, Apa Saja Perbedaannya?autoevolution.com

Untuk Suzuki Jimny Sierra sendiri, Suzuki sudah mendesain kaki-kakinya untuk siap di dua medan, yaitu jalan raya dan off-road.

Namun seakan belum puas, Suzuki Jimny Gan ini sepertinya didesain oleh Suzuki agar mampu menjajal wilayah off-road yang lebih ekstrem. Suzuki Jimny versi Gan ini telah diberikan suspensi yang lebih tinggi 10 cm dibandingkan versi Sierra.

3. Dilengkapi anti roll bar

Suzuki Jimny di Italia Lebih Garang, Apa Saja Perbedaannya?autoevolution.com

Selain diberi suspensi yang lebih tinggi, undercarriage mobil juga dilengkapi dengan anti roll bar. Bagi yang belum tahu, anti roll bar atau yang dikenal juga dengan sway bar merupakan teknologi yang mampu mengurangi terjadinya limbung atau chassis roll pada saat mobil berbelok secara agresif, sehingga traksi akan rata pada seluruh roda mobil.

4. Ban all-terain, lebih besar dan lebih sangar

Suzuki Jimny di Italia Lebih Garang, Apa Saja Perbedaannya?autoevolution.com

Ban all-terrain ini adalah ban yang didesain untuk medan off-road. Hal ini disebabkan oleh ulir yang dibentuk pada ban jenis ini mampu untuk ‘mengalirkan’ bebatuan, lumpur, ataupun pasir agar melalui ulir tersebut agar tidak menyangkut di ban mobil.

Dengan begitu ban mobil akan lebih mencengkram dan mampu untuk mendaki tebing yang lebih curam. Selain itu, dari segi penampilan jenis ban ini mampu memberikan kesan yang lebih galak dan tangguh.

Pada bagian kaki-kaki, Suzuki Jimny Gan memang beda dengan versi Sierra, namun pada bagian mesin tidak ada yang berbeda, yakni tetap menggendong mesin berkapasitas 1500cc 4 silinder, non turbo atau N/A (naturally aspirated) yang menghasilkan tenaga sekitar 100 horsepower.

Baca Juga: Siap Menghebohkan GIIAS 2019, Ini 3 Fitur Andalan Suzuki Jimny Terbaru