Comscore Tracker

09 Juli 2019

Test Ride Vespa GTS Super 150 i-Get ABS, Ini 10 Kelebihannya!

Dwi Agustiar

Automotive

Test Ride Vespa  GTS Super 150 i-Get ABS, Ini 10 Kelebihannya! IDN Times/Dwi Agustiar

Poin kelima paling menyenangkan

Jakarta, IDN Times - PT Piaggio Indonesia meluncurkan versi terbaru Vespa GTS Super 150 i-Get ABS di salah satu kafe di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (26/6).

Kesan bulky atau gambot langsung muncul saat pertama kali melihatnya. Spesifikasi yang tertulis di laman resmi Piaggio Indonesia menyebutkan dimensi Vespa GTS Super 150 i-Get ABS 1.950mm/740mm.

Angka tersebut jauh lebih besar dari dimensi Vespa Primavera S 150 i-Get ABS (1,852mm/680mm) dan Sprint S i-Get ABS (1,863mm/695mm). Pantas saja terlihat gemuk, ya.

"Vespa GTS Super 150 i-Get ABS memang mewarisi nilai-nilai khas dari keluarga big body family," kata Presiden Direktur PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega, saat peluncuran.

Nah, sepekan setelah Vespa GTS Super 150 i-Get ABS diluncurkan, persisnya Sabtu (6/7), PT Piaggio Indonesia mengajak IDN Times dan 15 awak media lain untuk mencicipi Vespa berbodi gambot ini.

Touring bertema 'The New Vespa GTS Super Media Experience' ini dimulai dari salah satu gerai kopi di Kemang, Jakarta Selatan, lalu berakhir di Cisarua, Jawa Barat.

Seperti apa impresi, kenyamanan, performa, serta fitur-fitur Vespa yang dibandrol dengan harga Rp58 juta (on the road Jakarta) ini?

1. Vespa GTS Super 150 i-Get ABS: Besar dan membulat

Test Ride Vespa  GTS Super 150 i-Get ABS, Ini 10 Kelebihannya!IDN Times/Dwi Agustiar

Kesan bulky semakin terasa saat IDN Times duduk di jok GTS Super 150 i-Get ABS, terutama saat pandangan mata jatuh ke panel speedometer dan tameng atas lampu depan yang membulat.

Sedikit melirik ke belakang, tampak sisi kanan dan kiri bagian belakang yang menggelembung. Yes, kata langsing memang harus disingkirkan jauh-jauh dari motor ini.

Baca Juga: Vespa GTS Super 150 i-get ABS Diluncurkan, Ini 3 Kelebihannya

2. Jok Vespa GTS Super 150 i-Get ABS didesain ulang, kini jadi lebih nyaman

Test Ride Vespa  GTS Super 150 i-Get ABS, Ini 10 Kelebihannya!IDN Times/Dwi Agustiar

Joknya sendiri tidak terlalu empuk tapi juga tidak bisa dibilang keras. Duduk di atas jok GTS Super 150 i-Get ABS --berat badan penulis sekitar 70 kilogram-- tak membuat busanya ambles.

Jok yang kini agak meruncing pada bagian depan sepertinya didesain untuk menambah kenyamanan pengendara. Sebab desain jok baru ini membuat kedua kaki tak harus mengangkang lagi.

3. Jinjit balet saat standar motor ditekuk

Test Ride Vespa  GTS Super 150 i-Get ABS, Ini 10 Kelebihannya!IDN Times/Dwi Agustiar

Tinggi badan penulis 170cm. Saat membawa skuter matik keluaran pabrikan Jepang, kedua kaki penulis bisa menapak dengan sempurna di aspal.

Tapi, saat mencoba Vespa GTS Super 150 i-Get ABS, penulis harus berjinjit balet begitu standar tengah ditekuk.

Artinya, selain bodinya gambot, Vespa GTS Super 150 i-Get ABS ini juga lumayan tinggi. Padahal lebar jok pada bagian depan sudah dibuat agak meruncing, loh!

4. Suara mesin terdengar halus saat dihidupkan

Test Ride Vespa  GTS Super 150 i-Get ABS, Ini 10 Kelebihannya!IDN Times/Dwi Agustiar

Sekarang saatnya menghidupkan mesin. Saat anak kunci diputar ke posisi on, mesin langsung hidup. Hebatnya, nyaris tanpa suara.

Yup, mesin 150cc i-Get benar-benar hening. Selain itu getarannya juga sangat minim. Ini menjadi poin plus buat Vespa GTS Super 150 i-Get ABS!

5. Akselerasinya sangat spontan

Test Ride Vespa  GTS Super 150 i-Get ABS, Ini 10 Kelebihannya!IDN Times/Dwi Agustiar

Dengan bodi gambot dan bobot yang lumayan berat, penulis mengira motor ini bakal lemot. Ternyata penulis telah bersuudzon alias berburuk sangka.

Sebab, begitu handle gas dipuntir, GTS Super 150 i-Get ABS langsung ngacir. Bahkan penulis gak perlu memutir gas terlalu dalam untuk mencapai kecepatan 100km/jam!

Akselerasi spontan ini berkat teknologi Italian Green Experience Technology (i-Get) yang disuntikkan ke mesin GTS 150.

Mesin ini mampu menyemburkan tenaga hingga 14,4 hp/8.250rpm,  tidak terpaut jauh dari Yamaha NMax 155cc yang power maksimalnya sebesar 14,8 hp/8000 rpm. Sementara torsi Vespa GTS maksimal 13,5Nm pada 6.750rpm.

Oya, Vespa GTS Super 150 i-Get ABS wajib minum pertamax. Jangan coba-coba memaksanya minum premium atau bensin di bawah RON 92. 

"Sebab itu bisa membuat pembakaran menjadi tidak sempurna. Akibatnya mesin bisa jadi loyo," kata PR & Communication Manager PT Piaggio Indonesia, Robby Gozal, Sabtu (7/7).

6. Stabil pada kecepatan tinggi

Test Ride Vespa  GTS Super 150 i-Get ABS, Ini 10 Kelebihannya!IDN Times/Dwi Agustiar

Selain akselerasi yang sangat responsif, kelebihan lain Vespa GTS Super 150 i-Get ABS adalah kestabilannya pada kecepatan tinggi.

Sangat mungkin kestabilan GTS ini karena bodinya yang cukup berat dan tapak ban yang lebar sehingga motor menempel terus di atas aspal. 

7. Suspensinya sangat nyaman

Test Ride Vespa  GTS Super 150 i-Get ABS, Ini 10 Kelebihannya!IDN Times/Dwi Agustiar

Selain performa mesin, kenyamanan adalah poin lain yang ditawarkan Vespa GTS Super 150 i-Get ABS. Penulis merasakannya sendiri bertapa nyaman dan nikmatnya naik motor ini.

Vespa GTS Super 150 i-Get ABS tak hanya asik diajak meliuk-liuk di jalanan puncak yang berliku-liku, tapi juga ketika harus melahap lubang-lubang liar.

Suspensi depan dengan tipe single arm with helical spring and single hydraulic shock absorber sepertinya berperan besar dalam meredam getaran dari jalanan.

Sementara suspensi belakang yang bisa diatur tingkat kekerasannya juga sangat mendongkrak sisi kenyamanan GTS ini.

Selain itu ban depan (120/70) dan belakang (130/20) --masing-masing menggunakan velg 12 inci-- menjadi alasan lain kenapa GTS satu ini sangat nyaman.

8. Spion besar enak buat mengintip ke belakang

Test Ride Vespa  GTS Super 150 i-Get ABS, Ini 10 Kelebihannya!IDN Times/Dwi Agustiar

Spion Vespa GTS Super 150 i-Get ABS berbentuk bulat dengan diameter yang lumayan besar. Spion besar memang agak merepotkan saat harus menerjang lalu lintas yang padat. Namun di sisi lain, spion besar justru lebih aman.

Sebab, semakin besar kaca spion, semakin leluasa pula kamu mengintip situasi di belakang. Spion besar yang dikelir dengan warna krom ini juga tampak menyatu dengan keseluruhan bodi GTS.

Selain itu spion bulat ini juga membuat aura klasik Vespa GTS Super 150 i-Get ABS semakin memancar.

9. Rem ABS membuat lebih percaya diri

Test Ride Vespa  GTS Super 150 i-Get ABS, Ini 10 Kelebihannya!IDN Times/Dwi Agustiar

Piaggio tak sekedar menawarkan kenyamanan pada Vespa GTS Super 150 i-Get ABS, tapi juga keamanan. Lihat saja fitur ABS 2 channels dan rem cakram depan dan belakang, masing-masing berukuran 20mm.

Tuas rem kiri dan kanan juga cukup lembut. Kamu bisa menarik tuas tersebut hanya dengan mengerahkan sedikit saja tenaga. Yang pasti, keberadaan ABS dan dua cakram akan membuat mu semakin percaya diri mengendarai GTS ini.

10. Vespa GTS Super 150 i-Get ABS irit bensin

Test Ride Vespa  GTS Super 150 i-Get ABS, Ini 10 Kelebihannya!IDN Times/Dwi Agustiar

Meski menggendong mesin berkubikasi 150cc dan berbodi bongsor, Vespa GTS Super 150 i-Get ABS ini cukup irit, loh. Memang sih penulis belum menghitung secara detil berapa konsumsi bbm motor ini.

Namun untuk jarak 70 kilometer yang penulis tempuh bersama Vespa ini, panel indikator bensin ternyata hanya berkurang dua bar.

Padahal kondisi lalu lintas, terutama dari Bogor menuju Cisarua, itu gak karu-karuan macetnya. Maklum, akhir pekan, tanggal muda, dan lagi musim liburan anak sekolah pula.

11. Jadi, bagaimana kesimpulannya?

Test Ride Vespa  GTS Super 150 i-Get ABS, Ini 10 Kelebihannya!IDN Times/Dwi Agustiar

Kesimpulannya, di balik bodinya yang bongsor, Vespa GTS Super 150 i-Get ABS menawarkan kenyamanan, keamanan, serta efisiensi bahan bakar yang tinggi.

Motor ini juga dibekali berbagai fitur canggih seperti immobilizer, usb port, tilt sensor, mesin yang bisa mati dan hidup sendiri saat motor berhenti beberapa detik, serta lampu depan dan belakang yang sudah LED.

Sayangnya, Vespa GTS Super 150 i-Get ABS belum dibekali fitur parking brake lock. Sehingga penulis harus terus menekan tuas rem saat terjebak kemacetan di jalanan menurun atau menanjak. Sepele, tapi cukup merepotkan.

So, apakah Vespa GTS Super 150 i-Get ABS layak dibandrol dengan harga Rp58 juta? Rasanya kamu harus mencobanya sendiri sebelum menjawabnya. Untuk itu kamu bisa datang ke pameran otomotif GIIAS 2019 yang akan digelar di ICE BSD Tangerang pada 18-28 Juli 2019.

Sebab di sana Piaggio menyediakan beberapa unit Vespa GTS Super 150 i-Get ABS untuk ditest ride. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Ini 7 Kelebihan Vespa GTS i-Get 150 ABS, Asik Banget Buat Touring!