Comscore Tracker

26 Juni 2019

Asik Diajak Bermanuver, Ini 4 Keunggulan Kawasaki KLX 230 

Ilyas Listianto Mujib

Automotive

Asik Diajak Bermanuver, Ini 4 Keunggulan Kawasaki KLX 230  IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Mesin KLX 230 sudah menggunakan sistem injeksi

Jakarta, IDN Times - Pabrikan motor asal Jepang Kawasaki Motor Indonesia (KMI) resmi merilis motor keluaran baru mereka yaitu KLX230 di Jakarta Fair 2019 pada Mei lalu.

Kakak dari KLX150 ini memiliki dua varian yang ditawarkan bagi pencinta motor trail , yakni varian standar dengan dua pilihan warna (lime green dan ebony) dan special edition (firecracker red dan oriental blue).

Tentu KLX anyar ini memiliki kelebihan dibandingkan motor serupa keluaran sebelumnya. Kali ini, IDN Times coba mengulas empat keunggulan KLX 230.

1. KLX 230 lebih nyaman saat digunakan di jalan raya dibandingkan edisi-edisi sebelumnya

Asik Diajak Bermanuver, Ini 4 Keunggulan Kawasaki KLX 230 IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Kawasaki KLX 230 ini merupakan motor berkonsep dirt bike dengan desain dual purpose, ringan dan bertenaga, serta cukup mudah diajak bermanuver. Motor ini menggunakan transmisi 6-percepatan dengan shifting yang terasa halus.

"Karakter KLX 230 lebih nyaman saat digunakan di jalan raya. Bedanya dengan KLX sebelumnya, akselerasi KLX 230 lebih panjang. Sehingga, jika dipakai harian lebih enak," kata Head Sales and Promotion Division PT. KMI Michael Chandra Tanadhi.

Baca Juga: Suzuki dan Yamaha Siapkan Motor Trail, Lawan Berat Kawasaki KLX 150?

2. Tak lagi pakai karburator, KLX 230 sudah menggunakan sistem injeksi

Asik Diajak Bermanuver, Ini 4 Keunggulan Kawasaki KLX 230 IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Mesin Kawasaki KLX 230 diklaim memakai teknologi anyar dengan sistem pembakarannya yang memakai injeksi elektronik. Mereka tak lagi menggunakan karburator yang sudah digunakan selama 10 tahun di KLX 150.

Suplai bensin motor ini menggunakan injeksi dengan throttle body 32 mm yang disinyalir membuat respons tenaga lebih presisi dan mudah dikontrol. Fuel injection-nya juga mampu menghasilkan pengaturan bahan bakar bakal lebih stabil dan efisien.

3. Suspensi teleskopik memberikan pengendalian yang ringan

Asik Diajak Bermanuver, Ini 4 Keunggulan Kawasaki KLX 230 IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

KLX 230 dibekali suspensi depan teleskopik berdiameter 37 mm dan belakang dengan unitrak 223 mm, berbeda dengan KLX 250 yang sudah memakai suspensi upside-down 43 mm di depan.

Alasan di balik KLX 230 yang menggunakan suspensi berjenis teleskopik dengan tipe long travel adalah untuk memberi pengendalian yang ringan dan lebih nyaman di medan off road agar tak sekasar upside down.

4. KLX 230 minus kick starter

Asik Diajak Bermanuver, Ini 4 Keunggulan Kawasaki KLX 230 kawasaki-motor.co.id

KLX230 ini sudah tak terlihat lagi menggunakan kick starter, berbeda dengan KLX sebelumnya yang masih menggunakan dua opsi, kick starter dan electirc starter.

Motor ini berarti sudah mengadopsi motor-motor sejenis SE yang juga sudah menanggalkan sistem kick starter. Sehingga, hal itu bisa mempermudah pengendara agar tak terlalu memporsir tenaganya untuk menyalakan motor.

Keuntungan lainnya adalah kendala kick starter yang sering tersangkut pohon ketika dinyalakan di tengah kondisi hutan yang cukup rimbun tak akan kembali terjadi.

Baca Juga: Kawasaki Ninja 250cc 4 Silinder Segera Dirilis, Tenaganya Tembus 60PS!