Comscore Tracker

08 Juli 2019

Rantai Motor Mulai Rusak, Ini 4 Cara Mendeteksinya

Yohanes Nugroho

Automotive

Rantai Motor Mulai Rusak, Ini 4 Cara Mendeteksinya A Cantoterapia

Jangan sampai rantai putus di tengah jalan

Jakarta, IDN Times – Rantai merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor, karena berfungsi sebagai penghubung antara gear depan pada bagian mesin dan gear belakang pada roda yang memungkinkan roda dapat berputar.

Rantai motor yang sudah mulai rusak tentu dapat menyebabkan kinerja motor menjadi tidak sempurna dan akan membahayakan pengendara motor tersebut.

Namun masih banyak yang belum paham cara membedakan mana rantai motor yang masih layak dan mana yang seharusnya sudah perlu diperbaiki, bahkan diganti.

Berikut adalah beberapa tanda bahwa rantai motor mu sudah mulai rusak.

1. Mengeluarkan suara yang berisik

Rantai Motor Mulai Rusak, Ini 4 Cara MendeteksinyaVital

Rantai motor yang sudah mulai rusak akan mengeluarkan bunyi, baik bunyi pelan pada saat baru mulai rusak sampai bunyi kencang saat kondisi sudah cukup parah.

Suara rantai ini biasanya cukup mengganggu saat motor dikendarai, tapi biasanya orang tidak mendengarkan bunyi tersebut karena tertutup oleh suara mesin.

Coba kamu dorong motor tersebut kemudian dengarkan bunyi pada rantai. Apabila terdengar dan selalu berbunyi pelan ataupun keras, ada kemungkinan rantai motor mu sudah mulai rusak.

Baca Juga: 5 Tips Biar Motor Matic Kamu Lebih Awet, Lakukan Servis Rutin!

2. Gear dan rantai gompal

Rantai Motor Mulai Rusak, Ini 4 Cara Mendeteksinyaunsplash.com

Selain mencoba untuk mendengarkan bunyi pada rantai, ada baiknya kamu secara langsung melihat rantai dan gearnya. Biasanya, kondisi rantai yang tidak bagus akan ada bekas gompal yang disebabkan pergesekan tidak sempurna antara gear dan rantai karena kurangnya pelumas.

3. Rantai mudah kendor

Rantai Motor Mulai Rusak, Ini 4 Cara Mendeteksinyaunsplash.com

Nah, dari kondisi gompal atau aus tadi, tidak peduli seberapa sering kamu mengencangkan rantai di bengkel, apabila rantai motor sudah mulai rusak maka dalam waktu yang cepat akan tetap kendor. Rantai dengan kondisi normal tidak mudah untuk kendor.

4. Tarikan motor menjadi berat

Rantai Motor Mulai Rusak, Ini 4 Cara Mendeteksinyastmed.net

Rantai yang sudah aus akan menyebabkan cengkraman atau pergesekan pada gear menjadi tidak sempurna, terutama antara gear depan dan gear belakang yang putarannya menjadi tidak sama.

Inilah yang nanti akan membuat tarikan motor menjadi tidak stabil dan berat meskipun perputaran mesinnya tinggi.

Sebenarnya, tanda-tanda tersebut pasti sering dialami oleh para pengendara motor, hanya saja masih belum menyadarinya. Nah, kalau sekarang sudah paham, maka jangan diremehkan lagi ya kondisi rantai pada motor kamu. Kondisi yang sempurna akan membuat perjalananmu nyaman

Baca Juga: 4 Tips Merawat Motor Injeksi, Biar Performanya Terjaga